5/4/13

Pameran Komik Retroman: Apresiasi 50 Tahun Berkarya Mansjur Daman


Lima puluh tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membuat suatu karya, angka tersebut merupakan pencapaian luar biasa untuk Mansjur Daman (Man). Man adalah komikus senior Indonesia yang terkenal akan komik “Siluman Sungai Ular” dan “Golok Setan”. Puncak popularitasnya adalah ketika “Golok Setan” di tahun 1980-an dibuat film layar lebarnya dengan menghadirkan Barry Prima. Angka lima puluh tahun tersebut kemudian mendorong seniman komik dan Bentara Budaya Jakarta untuk mengapresiasikan karya Man dengan menggelar pameran bertajuk “Pameran 50 Tahun Berkarya, Retroman”.

 Pameran ini digelar di Bentara Budaya Jakarta mulai Jum'at 12 April sampai Sabtu 20 April. Tak hanya pameran saja, kegiatan costum play on the street, diskusi, workshop animasi, dan workshop ilustrasi bersama Man juga dihadirkan dalam rangkaian pameran Retroman. Juga ada pemutaran film laga yang diangkat dari komik-komik Man, seperti “Kronologi Mandala” dan “Dia”

 
Karir Man dalam dunia komik dimulai dari tahun 1960 ketika ia masih duduk di SMP dan berumur 14 tahun. Komik pertamanya adalah ”Usman dan Jasmin”. Ia juga merambah ke aliran horor dengan membuat komik ”Istana Hantu” dan komik silat ”Tompel Garong Budiman”. Tahun 1970, ia membuat tokoh Mandala dalam komik ”Golok Setan” yang merupakan masa emas Man. Pada dekade 2000-an, Man masih terus berkarya ditengah banyak tumbuhnya berbagai komunitas komik dan merambah dunia internasional dengan komiknya yang berjudul ”New World Order” terbitan Image Comics, AS.

No comments:

Post a Comment