9/7/12

Travel Thru Mixtape

 

Hai hai hola hola, di postingan kali ini saya akan memberitahukan sebuah proyek super kece nan ciamik seputaran mixtape yang bernama..... TRAVEL THRU MIXTAPE alias #TTM. Silahkan pasang lagu Teman Tapi Mesra milik Mulan Jameela dan Maia Ahmad sembari membaca postingan ini biar khusyuk. Proyek ini sebenernya tercetuskan oleh teman saya yang namanya Resqioso, dia memberikan ide proyek ini karena sebelumnya dia adalah salah satu orang yang beruntung dapetin mixtape di proyek bagi-bagi mixtape raraspraw & kelanaliar vol.1. Juga dibantu oleh Fanni yang juga salah dua orang beruntung yang dapetin mixtape di proyek bagi-bagi mixtape raraspraw & kelanaliar vol.1. Jadi, apakah Travel Thru Mixtape? Travel Thru Mixtape ini adalah proyek tukeran mixtape lintas kota, berikutnya saya kutip aja ya dari laman travelthrumixtape.tumblr.com

--------------------------------------------------------

"Definisi mixtape yang kerap ada dalam pengertian khalayak yaitu kegiatan membuat kompilasi lagu dalam suatu media untuk kepentingan pribadi maupun komersil. Di era kaset, pembuatan mixtape sangatlah butuh kelihaian. Butuh ketepatan dalam merekam lagu lewat radio, muncul rasa was-was ketika menit atau detik akhir karena takut penyiar mengambil alih lagu yang kita rekam, perjuangan mendapatkan judul dan nama penyanyi/band yang kita rekam lagunya. Dewasa ini — terlebih di jaman yang mudah untuk mendapatkan apapun —  proses pembuatan mixtape menjadi semakin mudah, mixtape juga seringkali digunakan sebagai sarana bertukar lagu/informasi/pengalaman. Sebut saja, 8tracks, sebuah website dimana kita bisa membuat playlist didalamnya dan semua orang bisa melihat mixtape kita dengan mudah. Namun, disini kami membuat Travel Thru Mixtape bukan dengan mengandalkan fasilitas suatu website seperti 8tracks untuk bertukar mixtape, kami hadir dengan wujud yang lebih riil dengan media CD, DIY mixtape. Lantas apa untungnya? Apa tujuannya membuat kompilasi lagu melalui CD yang sudah kamu modifikasi cover atau isinya? Untuk mengembalikan budaya fetish Indonesia yang dulu digadang-gadang menghargai rilisan fisik? Klise! Kita melakukan ini untuk senang-senang! Bertualang lewat mixtape! Ya! Membuat suatu kompilasi lagu dengan kreatifitas masing-masing, lalu di-barter dengan mixtape dari orang yang (mungkin) belum kamu kenal — siapa sangka nanti ia akan jadi teman barumu? Jika efek psikologis sebuah lagu benar adanya, maka dengan Travel Thru Mixtape, kita bisa pergi kemana pun —  tanpa harus menggunakan time travel atau pintu kemana saja —  bahkan walau hanya manteng di depan playlist.

Ayo senang-senang, menambah teman, dan mengenali orang dari selera musiknya! Semua boleh ikut! Selamat membuat mixtape, selamat menebar musik!

Proses tukeran mixtape ini akan diatur oleh volunteer di tiap kota jadi mixtape yang kamu buat bisa dikumpulkan ke volunteer tiap kota masing-masing (tanggal dan tempat pengumpulan akan diberitahu lebih lanjut) yang nantinya akan dikirim ke Jakarta kemudan dikirimkan lagi ke kalian yang mengikuti project ini. Tentunya dengan sistem acak :)"
------------------------------------------------ 

 

Kece banget kan ya? Mau ikutan? Gampang, tinggal buka travelthrumixtape.tumblr.com baca baik-baik persyaratannya dan daftar deh ke volunteer tiap kota kamu. Pokoknya telusuri itu tumblr, pasti jelas deh. Masih kurang jelas? Atau mau nanya? Silahkeun mention saya di @raraspraw atau volunteer di masing-masing kota yaitu:

Jakarta:
 Resqioso (@resqioso)
Cirebon:
Rezky Aditya P. (@pemotolkontong)
Bandung:
Fanni Yudharisman (@fanniy)
Semarang:
Dhani Irawan (@dhanisumbank)
Yogyakarta:
Irine Wardhanie (@irenzzz)
Solo:
Keanu Aji Pangasto (@Keanuajip)
Surabaya:
Janitra Ayu (@jxnxt)


Yuk ikutan yuk! Travelin lewat mixtape, dapet temen baru, mixtape yang penuh kejutan!


"I know all we're doing is travelling without moving, hey hey." (Jamiroquai)

Lantunan kelana:
Jamiroquai - Travelling Without Moving


No comments:

Post a Comment