7/27/12

Bagi-Bagi Mixtape Vol.1 Edisi #berkahramadhan

 

raraspraw dan kelanaliar akhirnya membuat suatu proyek yaitu bagi-bagi mixtape (yang insya Allah bakalan ada) tiap bulannya terhitung dari bulan ini. Mixtape yang akan dibagikan berjumlah dua dengan isi dan sampul berbeda. Mixtape ini sangat spesial karena dibuat oleh tangan kelanaliar dan raraspraw sendiri, jadi kalian akan menemukan satu mixtape tersebut di dunia ini. Tidak ada salinannya, hehe. Kemarin, mixtape volume pertama sudah dibagikan via twitter @raraspraw dengan edisi #berkahramadhan. Pilihan nama edisi merujuk pada bagi-bagi rejeki di bulan puasa, karena kebetulan lahirnya bagi-bagi mixtape di bulan puasa, hehe. Untuk mendapatkan mixtape tersebut caranya mudah saja, tunggu tweet dari @raraspraw tentang bagi-bagi mixtape dan langsung mention @raraspraw dengan menyatakan ingin mempunyai mixtape tersebut. Terbuka untuk siapa aja yang mau deh pokoknya! :)

 raraspraw:
Awalnya ini adalah sebuah keisengan karena saya tipe orang yang tidak bisa diam juga cepat bosan. Merujuk pada zodiak saya, Sagittarius, dua hal itu memang tertanam di diri Sagittarian. Saya pribadi memang sangat terikat dengan lagu, rasanya aneh sekali jika sehari tidak mendengarkan sebuah lagu. Saya rasa, banyak yang sehati dengan pernyataan saya ini. Sehari-hari saya juga menyusun lagu untuk playlist radio kampus, maka dari itu saya tidak bisa terpisahkan dari kumpulan lantunan dengan bermacam-macam aliran dan juga dituntut untuk tahu banyak lagu dari bermacam-macam band, penyanyi, grup dan juga alirannya. Saya juga tengah bergabung dengan suatu webzine musik lokal ternama (amin, semoga beneran ternama :p) yang menyebabkan saya harus tahu musik apa yang tengah diperbincangkan. Saya pribadi sering membuat playlist untuk sendiri. Playlist yang merujuk pada kegiatan sehari-hari saya seperti playlist naik kereta pagi (berangkat kuliah), playlist menunggu kereta di stasiun, playlist sore hari, pagi hari, playlist hujan, playlist sedih, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga beberapakali membuat mixtape untuk teman-temannya, seperti hadiah ulang tahun, hadiah perpisahan, atau tukeran mixtape. Hal tersebut yang membuat lahirnya proyek bagi-bagi mixtape.

kelanaliar:
Kendatinya kelanaliar adalah sebuah proyek kumpulan cerita sederhana yang dipadu oleh gambar-gambar yang raraspraw ambil di keseharian. Dilengkapi dengan lantunan lagu yang menurutnya cocok. Kelanaliar lahir akibat pertanyaan dari raraspraw setiap usai menyelesaikan novel dan buku yang ia pernah baca: Mereka saja bisa bikin cerita, kenapa saya tidak? Lalu, jiwa kelanaliar dalam bercerita tergerak untuk mencari dan merangkai cerita untuk sebuah tema dari mixtape yang akan dibuat.

Mengapa disebut raraspraw dan kelanaliar yang bagi-bagi mixtape, padahal mereka satu jiwa? Perjalanan dalam membuat mixtape ini lahir dari dua buah pemikiran yaitu pemikiran kelanaliar dan raraspraw. Kelanaliar menyumbang cerita tentang tema apa yang akan diangkat pada sebuah mixtape, lalu raraspraw menyumbang lagu-lagu yang kemudian dianggap cocok dan sesuai dengan tema yang diangkat kelanaliar. Untuk bagi-bagi mixtape volume pertama adalah: SUMMER I'LL WAIT FOR YOU dan FOLK PARTY. 
Summer I'll Wait For You adalah pilihan tema pertama kelanaliar karena kelanaliar sangat menyukai musim panas (dan sangat menunggu akan datangnya musim panas) yang identik dengan liburan. Musim panas spesial dengan mengendarai mobil terbuka bersama orang kesayangan, memakai topi jerami, dengan es krim di tangan, juga mengenakan kacamata hitam. Maka dari itu, raraspraw memilih lima belas lagu yang bernadakan ceria untuk selebrasi menyambut musim panas. Folk Party adalah pilihan tema kedua, tema ini dipilih kelanaliar karena ia sangat menyukai pesta dengan tetangga yang disambut oleh petikan gitar, teh panas juga kopi panas, rumah kayu, kue-kue kecil berwarna-warni, piringan hitam yang sedang berputar dan berdansa diiringi musik folk. raraspraw kemudian memilih lima belas lagu bernafaskan folk untuk menyambut tamu-tamu pesta pada senja hari di sebuah rumah kayu.

Penasaran gimana cerita mixtape di bagi-bagi mixtape selanjutnya? Nantikan bagi-bagi mixtape volume dua di linimasa @raraspraw (insya Allah) bulan depan! Cukup mention dan terbuka untuk siapa saja! :)

Selamat kepada @fanniy dan @resqioso yang mendapatkan mixtape volume pertama edisi #berkahramadhan. Semoga mixtapenya berkah. Selamat menikmati!

ps: Bagi yang pengen denger mixtape lain bikinan raraspraw bisa ke sini. Selamat mendengarkan!

No comments:

Post a Comment